Kamis, September 25, 2008

Lingkungan Bermain Alami di PPR: Menumbuhkan Nilai-nilai Bermain


Mengapa anak-anak kita memanjat pohon untuk duduk di atas batang pohon dengan risiko jatuh? Mengapa anak-anak berayun-ayun di pagar ketika kita sedang antri permainan di taman hiburan? Mengapa anak-anak menggali dan membuat terowongan kecil di pasir? Ada jawaban logis untuk pertanyaan-pertanyaan ini, yang berhubungan dengan perkembangan anak. Anak suka bermain tidak peduli apakah lingkungannya mendukung bermain, dan mereka akan beradaptasi terhadap lingkungan mereka untuk memuaskan motivasi internal mereka untuk bermain.
Lalu mengapa permainan sangat penting bagi perkembangan anak? Spekulasinya adalah bahwa olahraga dan bermain selama masa kecil akan memberikan stimulus sensorik dan psikologis, yang menghasilkan lebih banyak koneksi syaraf. Pengalaman dianggap sebagai arsitek utama yang membangun otak. Bermain mempengaruhi kepribadian, karakter, dan kemampuan semua anak dan maka dari itu sangat mempengaruhi akan jadi orang dewasa seperti apa mereka. Bermain juga dapat memberikan satu-satunya acara tidak terstruktur dalam keseharian kehidupan anak-anak agar mereka dapat melatih keterampilan sosial bersama teman-teman mereka.
Melalui memberikan kesempatan bermain kepada anak-anak, kita telah menumbuhkan dua nilai penting. Anak-anak sangat suka bermain, dan bermain mempengaruhi bagaimana mereka berkembang. Pertanyaannya adalah, Bagaimana kita menumbuhkan dua nilai utama bermain ini dan memberikan stimulus kepada mereka lewat lingkungan bermain anak-anak?
Pikirkanlah lingkungan bermain luar luangan sebagai ruang di luar ruangan. Pembagian daerah ruangan diperlukan sama seperti di lingkungan dalam gedung. Ruang-ruang ini disebut zona masuk, zona tenang, zona ramai, dan zona aktif; dan zona-zona ditentukan oleh lokasi, batasan, permukaan bermain dan permukaan duduk, penyimpanan, dan mood. Anak-anak terlibat dengan sekeliling mereka dengan bermain, dan keragaman di sekeliling mereka itu akan mendukungan beragam permainan. Desain lingkungan dapat mempengaruhi intensitas, durasi, dan kualitas keterlibatan anak. Lingkungan yang hijau akan menumbuhkan ketaatan dan kelemahlembutan anak: mereka ingin melompat, menjelajah, berfantasi, dan lalu beristirahat dan pulih kembali. Lingkungan dengan berbagai area seperti area yang pribadi, semi-pribadi, dan area berkumpul bersama akan mendorong anak-anak menggunakan indera mereka dan mendorong mereka untuk selalu bergerak.
Integrasikan kegiatan pembelajaran dalam ruangan dengan lingkungan di luar ruangan. Anak-anak lebih suka berada di luar daripada di dalam, dan lingkungan luar ruangan dapat mencapai tujuan belajar yang sama seperti di dalam ruangan. Kenyataannya, efek bermain dan belajar dalam suasana alami adalah sebagai berikut:
- memberi stimulus kepada semua aspek dan tahap perkembangan anak
- memberikan pengalaman multi panca indera
- memberi stimulus kepada permainan informal, pembelajaran pengalaman, dan siklus pembelajaran alami
- memberi stimulus kepada imajinasi dan kreativitas dengan cara yang khusus dan tanpa batas dengan mengintegrasikan anak-anak dari berbagai usia, kemampuan, dan latar belakang etnis dan dengan menolong anak-anak merasa suka terhadap diri mereka sendiri dan hasilnya adalah - meningkatkan kepercayaan diri mereka
- memberikan anak-anak perasaan damai
- menolong anak-anak memahami realitas sistem alam
- menunjukkan prinsip siklus dan proses
- mengajarkan bahwa alam itu bersifat regeneratif
- mendukung teori belajar interdisipliner dan pendidikan lingkungan
- menyediakan suasana yang fleksibel dan mudah disesuaikan
- menimbulkan rasa estetika bagi setiap orang

Tempat bermain alami dapat memberi stimulus kepada imanjinasi anak dan membangkitkan rasa keingintahuan mereka selagi mereka menjelajahi lingkungan fisik dan belajar dalam cara-cara yang jauh melampaui apa yang bisa mereka pelajari di dalam ruangan. Jadi bermain dalam lingkungan alami tidak hanya meingkatkan perkembangan anak tetapi juga adalah lingkungan yang sehat.
Perubahan di lingkungan bermain anak tidak bisa terjadi dalam satu malam, tetapi tentu saja Anda dapat memasukkan perubahan-perubahan mendasar dalam sebuah rencana jangka panjang. Jika Anda melakukan perubahan, rancanglah dari perspektif anak-anak – bukan dari perspektif orang dewasa tentang bagaimana anak seharusnya bermain. Dan ingatlah, waktu bermain bagi anak ini bukan waktu sisa; ini adalah sebuah kelas outdoor - waktu bermain yang bermakna -.

Bermain mempengaruhi kepribadian, karakter, dan kemampuan semua anak dan maka dari itu sangat mempengaruhi akan jadi orang dewasa seperti apa mereka. Oleh karena itu para orang tua Puri Permata Regency seyogyanya mulai serius merancang tempat bermain yang alami bagi anak-anak kita! Ayo segera respon ide ini! Pertumbuhan anak-anak kita cepat dan tak terbatas, tiba-tiba kita akan sadar betapa kita telah ketinggalan karena anak-anak sudah besar, dan kita belum berbuat apa-apa!! (A20)

Tidak ada komentar: