Jumat, September 26, 2008

Kecerdasan Visual Spasial Anak-anak Puri Permata Regency





Menuru Howard Gardner, orang-orang yang memiliki kepintaran visual spasial lebih banyak dipengaruhi otak kanan, yaitu bagian otak yang bertugas memproses ruang. Anak yang cerdas visual tak hanya menggambarkan tapi juga mengkonstruksikan obyek ide di dalam pikiran mereka. Selain itu, kepintaran ini juga memberi kemampuan membedakan dan menemukan berbagai kombinasi atau gradasi warna. Tak heran, anak-anak ini suka sekali mendekorasi kamarnya.
Kecerdasan ini bukan hanya anugerah semata dari Tuhan tapi juga merupakan anugerah yang bisa ditumbuhkan. Asalkan orangtua bisa menstimulasi kemampuan ini melalui beragam kegiatan. Biasanya anak tipe ini sangat menggemari permainan-permainan ‘melihat melalui pikiran’ seperti menggambar atau membayangkan obyek dan permainan acting atau berpura-pura.

Anak-anak Puri Permata perlu dirangsang dengan segala bentuk atau model permainan yang mampu merangsang domain visual spasialnya, agar talenta mereka semakin berkembang. Mainan yang dilakukan oleh mereka seperti dalam foto ini sangat membantu menajamkan kepekaan itu. Baik bermain berpura-pura jadi patung atau acting dan main menyusun puzle dan model-model tak beraturan menjadi bangun rumah, gedung besar, bahkan suatu tata kota.

Perhatikan yang mereka lakukan! Dan andaikan mereka berhadapan dengan masalah di 'depan mata'nya mereka akan terlatih untuk membagi ruang dan mengidentifikasinya sebelum cakap mencari solusinya. (A20)

Tidak ada komentar: